Pengaruh Pengembangan Desain Kemasan Susu Pasteurisasi terhadap Minat Beli Konsumen di Prigen
Abstract
ABSTRAK
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. UMKM kalah bersaing dengan produk-produk industri besar yang mapan dalam pembiayaan dan mapan dalam strategi pemasaran. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah kemasan yang masih sederhana dan kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui persepsi konsumen pada hasil pengembangan desain kemasan produk susu pasteurisasi, 2) Mengetahui pengaruh pengembangan desain kemasan pada produk susu pasteurisasi terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel desain kemasan (X) yang terdiri dari desain grafis (X1) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,007, struktur kemasan (X2) dengan signifikansi 0.004, dan informasi tercetak (X3) dengan signifikansi 0,037 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan (p<0,05) variabel desain kemasan terhadap minat beli konsumen (Y). Nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,737 yakni termasuk memiliki hubungan yang kuat. Nilai R square sebesar 0,543 yang berarti variabel desain kemasan mempunyai pengaruh sebesar 54%.
ABSTRACT
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are the backbone of the national economy. MSMEs are unable to compete with large industrial products that are well established in financing and well established in marketing strategies. One of the problems often faced by micro, small and medium enterprises (MSMEs) is packaging that is still simple and unattractive. The objectives of this study were to 1) Knowing consumer perceptions on the results of packaging design development for pasteurized milk products, 2) Knowing the effect of packaging design development on pasteurized milk products on consumer buying interest. The research method used is the survey method with multiple linear regression analysis. The sampling technique used incidental sampling method with a total of 30 respondents. The results showed that the packaging design variable (X) which consists of graphic design (X1) has a significance value of 0.007, packaging structure (X2) with a significance of 0.004, and printed information (X3) with a significance of 0.037 which indicates a significant influence (p <0.05) packaging design variables on consumer buying interest (Y). The correlation coefficient (r) value is 0.737, which includes having a strong relationship. The R square value is 0.543, which means that the packaging design variable has an influence of 54%.