Daya Saing dan Dinamika Ekspor Lada Utuh Indonesia di Pasar Internasional

  • Aulia Adetya Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University, Bogor Indonesia
  • Putra Irwandi Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University, Bogor Indonesia
Keywords: Daya Saing, Dinamika Ekspor, RCA, DRCA, ISP

Abstract

ABSTRAK
Lada (Piper nigrum L) merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki potensibesar di Indonesia. Salah satu langkah untuk meningkatkan potensi ekonomi Indonesia adalah dengan memperkuat daya saing ekspor khususnya pada komoditas pertanian. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis daya saing ekspor lada utuh Indonesia di pasar internasional, (2) Menganalisis dinamika ekspor lada utuh Indonesia di pasar internasional, (3) Menganalisis posisi lada utuh Indonesia di pasar internasional. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data deret waktu (time series) dari tahun 2006 sampai tahun 2022. Jenis lada yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu lada utuh dengan kode HS : 090411 (Pepper of the genus Piper, neither crushed nor ground). Penelitian ini dianalisis menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA), Dynamic Revealed Comparative Advantage (DRCA), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditas lada utuh Indonesia memiliki nilai daya saing yang kuat dan cenderung meningkat, selama periode 1-4 dari tahun 2006-2022, komoditas lada utuh Indonesia berada pada posisi rising star, lagging opportunity, lagging retreat dan komoditas lada Indonesia berada dalam tahap pematangan dalam perdagangan dunia atau memiliki daya saing yang sangat kuat.

ABSTRACT
Pepper (Piper nigrum L) is one of the agricultural commodities that has great potential
in Indonesia. One of the steps to increase Indonesia's economic potential is to strengthen
export competitiveness, especially in agricultural commodities. Thus this study aims to
(1) Analyze the competitiveness of Indonesian whole pepper exports in the international
market, (2) Analyze the dynamics of Indonesian whole pepper exports in the international
market, (3) Analyze the position of Indonesian whole pepper in the international market.
This study uses secondary data in the form of time series data from 2006 to 2022. The
type of pepper analyzed in this study is whole pepper with HS code: 090411 (Pepper of
the genus Piper, neither crushed nor ground. This research was analyzed using the
Revealed Comparative Advantage (RCA), Dynamic Revealed Comparative Advantage
(DRCA), Trade Specialization Index (ISP) methods. The results showed that Indonesian
whole pepper commodities have a strong competitiveness value and tend to increase,
during periods 1-4 from 2006-2022, Indonesian whole pepper commodities are in the
position of rising star, lagging opportunity, lagging retreat and Indonesian pepper
commodities are in the maturation stage in world trade or have very strong
competitiveness.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aulia Adetya, Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University, Bogor Indonesia

Jl. Kamper Wing 4 Level 5 Kampus IPB, Kec. Dramaga Kabupaten Bogor 16680

Putra Irwandi, Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University, Bogor Indonesia

Jl. Kamper Wing 4 Level 5 Kampus IPB, Kec. Dramaga Kabupaten Bogor 16680

Published
2024-12-25