Rancangan Penyuluhan Pemasaran Pupuk Organik Desa Rumbio, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal

Main Article Content

Evriani Evriani
Hananik Prasetyo
Ach. Syamsuddin

Abstract

Pemasaran berperan penting dalam berjalannya suatu usaha seperti usaha pengolahan pupuk organic dari limbah kotoran sapi. Dalam pemasaran memerlukan dukungan konsep pemasaran berupa marketing mix yang mencakup produk, harga, promosi, dan distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran dengan tenik marketing mix Desa Rumbio, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan adalah deskriptif Kuantitatif dengan menggambarkan suatu keadaan yang terjadi secara factual, sistematis, dan akurat. Pemasaran dengan teknik marketing mix yang dilakukan di Desa Rumbio adalah memproduksi pupuk organic dari limbah kotoran sapi potong, untuk menentukan harga dengan menggunakan biaya mark-up, promosi dilakukan secara online (facebook, instagram, dan whatsapp) dan offline (brosur, mulut ke mulut) sedangkan distribusi dilakukan dari produsen langsung ke konsumen. Hasil penelitian menunjukkan dengan keempat variable teknik marketing mix ini saling mendukung dan saling melengkapi satu sama lain.Pemasaran pupuk organic seharusnya dilakukan dengan keempat variable tersebut agar menguntngkan para peternak apabila memasarkan kotoran sapi yang diolah menjadi pupuk organic.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Hartatik,W. Husnain, dan Widowati, L. R. 2015. Peranan Pupuk Organik dalam Peningkatan Produktivitas Tanah dan Tanaman. Makalah Riview. ISSN 1907-0799.

[2] Hernando, M. 2019. Strategi Pemasaran Pupuk Kandang Perspektif Ekonomi Islam (Studi Usaha Dagang Kompos Jaya Kelurahan Sumur Dewa Kota Bengkulu). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

[3] Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran, Analisis, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

[4] Mardikanto, T. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Sebelas Maret University Press. Surakarta.

[5] Murbandono, 2009. Peranan Pupuk Organik dalam Peningkatan Produktivitas Tanah dan Tanaman. Makalah Riview. ISSN 1907-0799.

[6] Permentan No. 67 Tahun 2016. Penmbinaan Kelembagaan Pertanian. Jakarta. Departemen Pertanian.

[7] Permentan No. 273 Tahun 2007. Pedoman Pembinaan Kelembagaan Petani. Jakarta. Departemen pertanian.

[8] Peraturan Menteri Pertanian Nomor 70/Permentan/Sr.140/10/2011. Pupuk Organik, Pupuk Hayati Dan Pembenah Tanah. 4 dari 109 hlm.

[9] SKKNI Penyuluhan Pertanian. 2013. Penetapan Rencana Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Pertanian, Golongan Pokok Jasa Pelayanan Teknis Golongan Penyuluhan , Sub Golongan Penyuluhan Pertanian Manjadi Standar KOmpetensi Kerja Nasional.

[10] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006. Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Jakarta. Departemen Pertanian.