Pengaruh Media Penyuluhan Audio Visual terhadap Motivasi Peternak dalam Pengolahan Limbah Peternakan di Desa Geneng Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi

Main Article Content

Hanifa Nurul Karimah
Wahyu Windari
Novita Dewi Kristanti

Abstract

Penelitian bertujuan untuk 1) mendiskripsikan motivasi peternak; 2) mengetahui pengaruh media audio visual terhadap motivasi peternak; 3) menyusun rancangan penyuluhan dan implementasi rancangan penyuluhan tentang pengolahan limbah peternakan. Metode penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel berjumlah 35 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Variabel penelitian terdiri dari variabel X (Media audio visual) dan variabel Y (motivasi). Hasil kajian penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi peternak adalah dalam kategori tinggi dengan persentase 94.3%. Sedangkan pengaruh media audio visual terhadap motivasi peternak menunjukkan bahwa adanya suatu signifikansi dari pengaruh media audio visual terhadap motivasi peternak, pada media audio visual sebesar 0.03 < 0.05, pengaruh total yang diberikan sebesar 0.237 atau 23.7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Chandra W, A.F. 2009. Collaborative Ranking Task (CRT) Berbantuan e-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Generik Sains IPBA MAhasiswa Calon Guru Fisika. Tesis Magister pada Sekolah Pascasarjana UPI. Bandung.

[2] Danang, dkk. 2013. Pengelolaan Limbah Peternakan Sapi Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Pada Kelompok Ternak Patra Sutera. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

[3] Ghozali, I. 2018. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

[4] Nissa, E. Z. 2016. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V Di MI Al-Falah Pagu Wates Kabupaten Kediri. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

[5] Wati, R. 2009. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan.

[6] Yayuk, Y. 2003. Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.