Sikap Peternak Dalam Penggunaan Urea Molasses Multinutrient Moringa Blok (UM3B) sebagai Suplement Ternak Sapi Potong di Kecamatan Lawang Kabupaten Malang

Main Article Content

K. Rohman
Sadlikah Sadlikah
Isyunani Isyunani

Abstract

Peternak selalu diperhadapkan pada masalah kurangnya ketersediaan pakan. Pakan cukup jumlah dan berkualitas dibutuhkan untuk mencapai kinerja reproduksi ternak sapi agar dapat meningkatkan produktivitasnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemberian suplement tambahan berupa Urea Molasses Blok (UMB), selain pemberian pakan hijauan berkualitas (leguminosa) pada ternak sapi. Kecamatan Lawang merupakan salah satu wilayah di Kabupaten malang yang memiliki potensi sapi potong yang tinggi. Namun, belum adanya kelompok tani yang belum mengoptimalkan pemberian suplemen tambahan dalam pemeliharaan sapi potong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap peternak dalam penggunaan UM3B sebagai suplement tambahan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode kajian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yang diamati meliputi variabel X (umur1, tingkat pendidikan2, kosmopolitan3, media massa4) dan variabel Y (sikap peternak dalam pengguanaan UM3B sebagai suplement tambahan ternak sapi potong). Populasi penelitian ini peternak sapi potong di Kecamatan Lawang, penentuan sampel menggunakan rumus solvin sehingga didapatkan 61 orang. Didapatkan hasil kajian Tingkat sikap anggota peternak dalam penggunaan UM3B sebagai suplement ternak sapi potong rata rata pada tingkat menerima sebanyak 39 orang. Faktor tingkat kosmopolitan dan media massa berpengaruh signifikan terhadap sikap peternak dalam penggunaan UM3B sebagai suplement ternak sapi potong, sedangkan faktor umur dan pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Ace,S.I., et al (2014) Pengaruh Urea Molasses Block (UMB) Terhadap peningkatan Produksi Susu. http://jurnal.polbangtanbogor.ac.id/index.php/jpp/article/viewFile/ 218/201 (diakses 24 Januari 2021).

[2] Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta; Rineka Cipta.

[3] Azwar, S. 2013. Sikap Manusia. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

[4] Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurnya. Pustaka Belajar.

[5] BPP Kecamatan Lawang. 2020. Programa Penyuluhan Pertanian Kecamatan Lawang.

[6] Cyber Extantion. 2018. Pembuatan Urea Molasses Blok (UMB) Sebagai Suplemen Ternak.

[7] Hatmono, H. 1998. Urea Molassea Blok, Pakan Suplemen Ternak Ruminansia. Ungaran: Trubus Agriwidya.

[8] Helmi Paramandita, Muatip,K. Dan Purwaningsih, H. 2019. Hubungan Karakteristik dengan Sikap Peternak terhadap Usaha Peternakan Sapi Perah di Kabupaten Wonosobo Relationship of Characteristics with Animal Attitudes on Dairy Cow Livestock Business in Wonosobo District http://jnp.fapet.unsoed.ac.id/ index.php/angon/article/download/319/186/ (di akses pada tanggal 22 Januari 2021).

[9] Kubro,A.I. 2019. Sikap Peternak Terhadap Program Asuransi Usaha Ternak Sapi Di Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang pada Tahun 2019. https://jurnal.polbangtan malang.ac.id/index.php/jppm/article/view/170/94 (di akses pada tanggal 22 Januari 2021).

[10] Muhammad Nuskhi dan Setiana, L. 2005. Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Kewirausahaan Kelompok Peternak Sapi Perah Di Kabupaten Banyumas.http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Pembangunan/article/viewFile/83/82 (di akses pada tanggal 22 Januari 2021).

[11] Noviyanti. N. I. K., I. N Suparta, dan I. N Tirta Ariana. 2018. Sikap Peternak Babi Terhadap Dampak Penyakit Miningitis Streptococcus suis (MSs) di Kecamatan Abiansemal Kabupaten bandung. https://ocs.unud.ac.id/index.php/tropika/ article/view/42193/25669 (di akses pada tanggal 22 Januari 2021).

[12] Prasetyo, C. 2014. Teknik Pengolahan Umb (Urea Molases Blok) Untuk Ternak Ruminansia. https://kepri.l itbang.pertanian.go.id/ind/images/pdf/umb-catur.pdf.

[13] Wati, Y, I. 2018. Sikap Petani dalam Mengaplikasikan Rhizobakteri Sebagai Upaya Peningkatan Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah. Di Desa Puhjeruk Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Jawa Timur.

[14] AyuA,Suminah,Wijianto. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Petani Terhadap Program Upsus Pajale Di Distrik Sukoharjo. https://jurnal.uns.ac.id /agritexts/article/download/43309/27761.