Rancangan Penyuluhan Pembuatan Tahu Susu Sapi dengan Penambahan Susu Kedelai di Kelompok Wanita Tani Moringa Oliefera Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupatan Malang

Main Article Content

A. Tisya R. Wulandari
Luki Amar Hendrawati
Novita Dewi Kristanti

Abstract

Dengan seiring perkembangan zaman di Desa wonorejo belum pernah adanya pengolahan susu sapi. Salah satu upaya yang dilakukan dalam mengembangan hasil peternakan yang dapat meningkatkan nilai jual dan daya simpan pada susu sapi yaitu pembuatan tahu susu sapi dengan menambahkan susu kedelai untuk menambah gizi pada tahu susu tersebut. Penelitian bertujuan unutk: mengetahui konsentrasi yang tepat pada penambahan susu kedelai dalam pembuatan tahu susu sapi yang disukai panelis. Rancangan kajian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) sebanyak18 kalisatuan percobaan dengan parameter pengamatan uji organoleptic pada 4 valiabel yaitu warna, rasa, tekstur, dan aroma pada panelis sebanyak 30 orang dengan kategori panelis tidak terlatih. Analisis data menggunakan ANOVA dan DMRT taraf nyata 5% dengan menggunakan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perbandingan penambahan susu kedelai pada pembuatan tahu susu sapi sesuai dengan tingkat kesukaan panelis adalah P2 dengan perbandingan panambahan susu kedelai sebanyak 500 ml.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Rokhayati, U. 2011. Pengaruh Penggunaan Asam Cuka dan Substitusi Susu Kedelai terhadap Bau Tahu Susu.Jurnal Inovasi, 8 (1), hlm.113-122.

[2] Krisnaningsih, A. dan M. Hayati. 2014. Pemanfaatan Berbagai Ekstrak Buah Lokal Sebagai Alternatif Acidulant Alami Dalam Upaya Penignkatan Kualitas Tahu Susu. Fakultas Peternakan Universitas Kanjuruhan. Malang.

[3] Koswara. 1992. Kimia Vitamin. Rajawali. Jakarta.

[4] Maulina. 2013. Pengaruh Lama Perebusan dan Beban Pengepres Pada Proses Pembuatan Tah Susu dengan Ekstrak Buah Nanas. Jurnal Ilmiah Peternakan.

[5] Soeparno. 1996. Ilmu dan Teknologi Daging. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.