Respon Peternak terhadap Pembuatan Ekstrak Daun Sirsak (Annona Muricata L) untuk Pengobatan Scabies (Sarcoptes Scabiei) pada Ternak Kambing

Main Article Content

Niken Gratycia Natalia
Setya Budi Udrayana
Nurlaili Nurlaili

Abstract

Penelitian ini dilakukan  di Desa Wonorejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malng. Dengan tujuna untuk mengetahui  bagaimana respon peternak  dan karakterisitk apa saja yang berhubungan terhadap pembuatan ekstrak daun sirsak (Annona Muricata L) untuk pengobatan scabies (Sarcoptes Scabiei)  pada ternak kambing.variabel yang digunak yaitu variabel X1 (umur), X2 (tingkat pendidikan), X3 (jumlah ternak) X4 (lama beternak), X5 (tanggungan Keluarga), X6 (motivasi) dan variabel Y( respon peternak). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei serta pengambilan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari 72 orang responden yang di dapatkan berdasarkan Simple Random Sampling  dengan wawancara berdasarkan dan pembagian kuesioner. Data sekunder di dapatkan dari kantor Desa Dan pihak BPP. Data yang didapat dianalisis ststistik menggunakan Kolerasi  Rank Spearman.  Dari hasil analisis didapatkan variabel yang berhubungan  yaitu X2 (tingkat pendidkan), X3 (lama beternak).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Azwar, S. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

[2] Batubara dkk, 2016. Kambing Peranakan Etawah (PE). Jakarta. IAARD Press.

[3] Handayani, H., Sriherfyna, F. H., Yuanita. 2016. Ekstraksi Antioksidan daun Sirsak Metode Ultrasonic Bath. Jurnal Pangan dan Agroindustri. 4(1). 262-272.

[4] Haslim, J dan Andreani, F. 2017. Analisis Pengaruh Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di BroaDWay Barbershop PT Bersama Lima Putera. Agora. 5(1).

[5] Hidayah, N. 2019. Pengaruh Karakteristik Peternak Terhadap teknologi Pemeliharaan Pada Peternak Kambing Peranakan Etawa Di Desa Hargotirto Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 19(1). 1-10.

[6] Husna A. 2018. Respon Wali Murid Terhadap Peran Muhammadiyah Dalam Mengambangkan Pendidikan. JOM FISIP Vol. 5 No.5.

[7] Junaedi, D. 2019. Perilaku Petani Terhadap Pengelolaan Pelepah Pada Tanaman Kelapa Sawit (Elais guineensis) Di Kecamatan Sirapat Kabupaten Langkat. Program Studi Penyuluhan Perkebunan Presisi. Politeknik Pembanguna Pertanian Medan; Laporan akhir tidak diterbitkan.