Pengaruh Karakteristik Pengunjung dan Penggunaan Bauran Media Promosi terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Agrowisata Argo Munung

Main Article Content

Ilham Mufaridun
I GD Nyoman Muditha
Gunawan Gunawan

Abstract

Agrowisata dapat dikembangkan di daerah dengan potensi yang unggul pertaniannya, salah satunya yaitu agrowisata Argo Munung di Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Agrowisata Argo Munung memiliki potensi unggulan buah durian dan  merupakan sebuah destinasi yang tergolong baru di Kabupaten Ngawi sehingga pengenalan Agrowisata Argo Munung harus dilakukan lebih luas lagi kepada masyarakat dengan menggunakan bauran media promosi agar tidak terjadi penurunan jumlah pengunjung yang sangat signifikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik pengunjung, menganalisis pengaruh karakteristik pengunjung dan penggunaan bauran media promosi terhadap peningkatan jumlah pengunjung di Agrowisata Argo Munung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penentuan sampel responden menggunakan teknik Accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuisioner sedangkan untuk analisis data menggunakan deskriptif, uji regresi berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini adalah karakteristik pengunjung dan bauran media promosi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pengunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Andrianto M.S. dan Masruroh A.D. 2020. Pengaruh Bauran Promosi dan Destinasi Wisata terhadap Keputusan Berkunjung pada Wisata Taman Nasional Baluran. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO). 11(2). 71-82.

[2] Hartyanto, B.N. dan Pangestuti E. 2020. Pengaruh Promosi Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara Ke ODTW. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 77(1). 67-74.

[3] Hasanah, M. dan Satrianto A. 2019. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Ke Objek Wisata Komersial Di Sumatera Barat. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan. 1(3). 931-938.

[4] Iksan, A. (2017). Pengembangan Pariwisata. Universitas Negeri Yogyakarta.

[5] Investment, I. (2016). Industri Pariwisata Indonesia. Jakarta: Penebar Swadaya.

[6] Kampoeng Ngawi. (2017). Festival Durian. Majalah Ngawi.

[7] Koranti, komsi 2017. Analisis preferensi wisatawan terhadap sarana di wisata taman wisata kopeng. Jurnal Jakarta: Universitas Gunadarma.

[8] Lakuhati J.R. dkk. 2018. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Ke Kawasan Ekowisata Di Desabahoi Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara. Agri-Sosio Ekonomi Unsrat. 14(1). 215-222.

[9] Modjanggo, Frits. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah pengunjung ke objek wisata pantai suri. jurnal Sulawesi tengah: Universitas Tadulako.

[10] Nofitasari, Y. (2016). Analisis Perkembangan Sektor Pertanian di Kabupaten Ngawi Tahun 2004-2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
[11] Pamungkas, I. N. (2016). IMCOLOGY. Yogyakarta: Deepublish.

[12] Poluan J. G. dan Merlyn M. K. 2021. Pengaruh Faktor Pribadi Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Luar Daerah Pada Objek Wisata Di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA. 9(1). 23-33.

[13] Pratama dan Wiraguna. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Berkunjung ke Bali Zoo di Singapadu, Gianyar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ). 1(1). 45-54.

[14] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

[15] Yakup, A. (2019). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Surabaya: Universitas Airlangga.

[16] Yusendra, M.A.E. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Destinasi Wisata Bagi Wisatawan Domestik Nusantara. Jurnal Magister Manajemen. 1(1). 46-64.