Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Anggota Kelompok Wanita Tani Srikandi dalam Menjalankan Usaha Kripik Singkong

Main Article Content

Amelia Puji Lestari
Ugik Romadi
Abdul Farid

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang masih bergantung pada sector pertanian, Sumber daya manusia salah satunya yang di butuhkan dalam meningkatkan pembangunan adalah sumber daya wanita. Provinsi Sumatera Selatan memiliki tingkat partisipasi dengan jenis kelamin perempuan lebih rendah di bandingkan dengan jenis kelamin laki-laki. Pada dasarnya prinsip partisipasi adalah masyarakat berperan aktif, mulai dari tahap sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan pelestarian kegiatan dengan memberikan sumbangan tenaga, pikiran. karena itu, perlu pengkajian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi wanita tani dalam menjalankan usahanya. Tujuan penelitian ini yaitu Mendeskripsikan karakteristik dan motivasi anggota kelompok Wanita Tani Srikandi dalam menjalankan usaha keripik singkong. Serta Menganalisis Pengaruh karakteristik dan motivasi terhadap Partisipasi anggota Kelompok Wanita Tani Srikandi dalam menjalankan usaha keripik singkong. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif.  Penentuan sampel menggunakan sampel jenuh, analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda guna mengetahui pengaruh variabel x dan variabel y.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan keterkaitan karakteristik dan motivasi memiliki pengaruh atau tidak terhadap partisipasi dalam pengembangan usaha keripik singkong.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Achmad dan Amanah.2014. ”Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan”. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol.3 No.9(2014).

[2] Aziz Muslim. Metodologi Pengembangan Masyarakat,(Yogyakarta: Teras Kompleks POLRI Gowok Blok D 2 NO.186, 2009). hal. 50-51.

[3] Faqih, A. (2014). Peranan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dalam Kegiatan Pemberdayaan Kelompok Terhadap Kinerja Kelompok Tani. JURNAL AGRIJATI VOL 26 NO 1, AGUSTUS 2014, 50.

[4] Faqih, A. (2015). Efektivitas Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian Dalam Penerapan Teknologi Budidaya Padi Sawah (Oryza sativa L.) Sistem Tanam Jajar Legowo 4:1. JURNAL AGRIJATI VOL 28 NO 1, APRIL 2015, 48.

[5] Fauzi, I. (2019). Pengaruh Pendidikan Non Formal Dan Sarana Prasarana Terhadap Peningkatan Produksi Kakao Melalui Keterampilan Petani Di Kabupaten Bulukumba. YUME : Journal of Management Volume 2 No. 3 2019, 26.

[6] Hadi Suroso, Abdul Hakim, Irwan Noor. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Di Desa Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Vol. 17, No. 1.

[7] Hanisah,Khaidir Gunawan. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Petani Dalam Menjalankan Budidaya Karet (Hevea Brasiliensis, L) Di Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang.

[8] Indrawijaya, I. (2000). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

[9] Iskandar, Y. (2014). Pengaruh Pengetahuan Petani Tentang Multifungsi Lahan Sawah Terhadap Keinginan Petani Mempertahankan Kepemilikan Lahan. Jurnal Bumi Indonesia, VOLUME 3, NOMOR 3 Tahun 2014.