Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Petani terhadap Penggunaan Mol Buah Belimbing (Averrhoa Carambola) Probiotik di Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek

Main Article Content

Novia Widi Astutik
Bambang Priyanto
Dwi Purnomo

Abstract

Kajian ini dilaksanakan di Desa Sukorejo Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek yang bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan faktor internal yaitu karakteristik petani dan faktor eksternal yaitu karakteristik inovasi yang mempengaruhi adopsi inovasi petani terhadap penggunaan Mol buah belimbing probiotik. Kajian ini sangat perlu dilaksanakan karena hasilnya untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kecepatan adopsi petani. Metode yang digunakan dalam kajian yaitu kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran kuisioner. Penentuan sampel responden yaitu menggunakan teknik sampel jenuh, serta analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa tingkat adopsi petani mayoritas pada tahap menilai dan adanya pengaruh signifikan dari karakteristik petani berupa umur dan tingkat pendidikan serta karakteristik inovasi yaitu kesesuaian, kerumitan, dan kemampuan diujicobakan terhadap penggunaan Mol buah belimbing probiotik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Abdullah M.Z., M. Saleh J., F. Syahir, dan M. Azemi. 2005. Discrimination and classification of fresh-cut starfruits (Averrhoa carambola L) using automated machine vision system. Journal of Food Engineering 76(4): 506-523.

[2] Alimul, H. 2007. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknis Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

[3] Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

[4] Farid Abdul, et al.2018.”Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Petani Dalam Penerapan Sistem Tanam Jajar Legowo di Desa Sukosari Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur”.14(1). 27-32.

[5] Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: PT Alfabet.

[6] Iqbal, M. 2015. Modul Pengolahan Data Dengan Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Perbanas Institute Jakarta.

[7] Zuriani dan Martina. 2016. Analisis Adopsi Inovasi Penyuluhan Pertanian Di Kabupaten Aceh Utara Dalam Mendukung Kedaulatan Pangan. Jurnal AGRISEP. Vol. 15 No. 2.