Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Petani pada Keberlanjutan Program Pembenihan Jagung Hibrida Berbasis Korporasi di Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban

Main Article Content

Dinda Fahriantika
Hamyana Hamyana
Rika Despita

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh pendapatan, kegiatan penyuluhan, sasaran penyuluhan dan lingkungan masyarakat terhadap minat petani dan menyusun rancangan peyuluhan untuk meningkatkan minat petani pada keberlanjutan program pembenihan jagung hibrida berbasis korporasi di Kecamatan Jatirogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif, data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari pihak terkait. Populasi penelitian sebanyak 1657, dan diambil petani dari 3 desa menggunakan teknik sampling Proportion Random Sampling menggunakan rumus slovin dengan taraf 15% didapat 44 petani. Analisis data yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan hasil sebagai berikut: a) secara simultan (bersama-sama) bahwa variabel pendapatan, kegiatan penyuluhan, sarana produksi dan lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap minat petani pada keberlanjutan program pembenihan jagung hibrida berbasis korporasi; b) secara parsial variabel sarana produksi berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel pendapatan, kegiatan penyuluhan dan lingkungan masyarakat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat petani pada keberlanjutan program pembenihan jagung hibrida berbasis korporasi di Kecamatan Jatirogo.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Amalia, H. 2015. Pengaruh Prestasi dan Lingkungan terhadap Minat Berwiraswasta Siswa Jurusan Pemasaran SMK Diponegoro Salatiga. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

[2] Amanaturrohim, H. 2015. Pengaruh Pendapatan dan Konsumsi Rumah Tangga terhadap Kesejahteraan Keluarga Petani Penggarap Kopi di Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung. Universitas Negeri Semarang.

[3] Aningtyaz, S et all. 2020. Minat Kelompok Wanita Tani (KWT) pada Pertanian Perkotaan melalui Budidaya Sayuran secara Vertikultur di Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor. Bogor.

[4] Aryana et all. 2016. Pengaruh Karakteristik Petani dan peran Pendamping terhadap Keberhasilan Simantri di Kabupaten Badung.

[5] Astuti, E & Mailena, L. 2019. Strategi Pengembangan Usaha Pertanian Cabai Berbasis Korporasi pada Gapoktan Mujagi Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian.

[6] Effendy, L et all. 2020. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Petani Pemuda Pedesaan pada Pertanian di Kecamatan Sindangkasih Ciamis. Jurnal Penyuluhan. https://doi.org/10.25015/16202030742.

[7] Fajar, T. 2020. Apa Sih Bedanya Benih dan Bibit. Okezone.com. https://economy.okezone.com/amp/2020/06/16/320/2230924/apa-sih-bedanya-benih-dan-bibit. Diakses 15 Januari 2020.

[8] Giang, R. 2013. Pengaruh Pendapatan terhadapn Konsumsi Buruh Bangunan di Kecamatan Pineleng. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

[9] Ginting, N & Sihombing, D. 2018. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Petani Berusahatani Jagung di Desa Mardingding. Jurnal PLANS (Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis). Medan.

[10] Muslim, M. 2017. Pengaruh Persepsi tentang Status Sosial Ekonomi dan Lingkungan Petani terhadap Minat Berusahatani Padi: Kasus Pemuda Desa Ciwalen, Warung Kondang, Cianjur, Jawa Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

[11] Mustabsir. 2017. Evaluasi Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pertanian dalam Mendukung Ketahanan Pangan di Kecamatan Anreapi kabupaten Polewali Mandar. UIN Alaudin Makassar.

[12] Nugroho, Yusuf. 2017. Laporan Magang Produksi dan Pengolahan Benih Jagung Hibrida Zea mays L.

[13] Nuraedi, I. 2014. Media Penyuluhan Pertanian. Universitas Terbuka Jember.

[14] Oktaviani, L et all. 2017. Analisis Pendapatan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Petani terhadap Usahatani padi Sawah di Kecamatan Meureubok Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah.

[15] Peraturan Menteri Pertanian Nomor 18 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi Petani.

[16] Peraturan Menteri Pertanian Nomor 5 Tahun 2007 tentang Syarat dan Tata Cara Pengujian dan Pemberian Sertifikat Alat dan Mesin Pertanian Budidaya Tanaman.

[17] Phahlevi, R. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Sawah di Kota Padang Panjang. Universitas Negeri Padang.

[18] Prasetyo, T & Setiani, C. 2019. Pengembangan Kawasan Pertanian Padi Berbasis Korporasi Petani di Jawa Tengah. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah. Semarang.

[19] Setiawan, I et all. 2020. Minat Petani dalam Pengembangan Kawasan Rumah Tangga Pangan Lestari (KRPL) Sistem Vertikultur di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor. Bogor.