SIKAP PETERNAK TERHADAP PROGRAM ASURANSI USAHA TERNAK SAPI DI KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG

Main Article Content

Ahmad Ilham Kubro
Nurlaili Nurlaili
Riyanto Riyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sikap Peternak Terhadap Program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) di Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Penelitian ini dilaksanakan pada Maret sampai Juni 2019 yang berlokasi di Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner sikap dengan penyebaran 40 responden yang sudah ikut asuransi dan 40 peternak yang belum ikut asuransi, penentuan responden menggunakan Incidental sampling yaitu pemilihan secara kebetulan, analisis yang digunakan menggunakan skala interval, maka diketahui peternak yang telah ikut asuransi memiliki persentase 57% yang menilai positif dan 42% peternak yang menilai Negatif, sedangkan peternak yang belum ikut asuransi 47% menilai positif dan 52% negative

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

_________. 2017. Pedoman Bantuan Premi Asuransi Usaha Ternak Sapi Tahun Anggaran 2017. Direktorat Jendral Prasarana dan Prasarana Pertanian kementerian Republik Indonesia.

__________. 2013. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Petani. Jakarta.

__________. 2018. Kunir Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Lumajang. Lumajang.

__________.2018. Profile Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Lumajang.

Anonymous. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2006 Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Dan Kehutanan. Jakarta.

Azwar, S. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukuranya. Yogyakarta.

Kriyantono, R., 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Rakhmat, J. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung.

Yudaningrum, A. 2011. Analisis Hubungan Proporsi Pengeluaran dan Konsusi Pangan dengan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Kabupaten Kulon Progo. Fakultas Pertanian Universitas 11 Maret. Skripsi. Surakarta.