PENYULUHAN TENTANG INOVASI DIGESTER DRUM BERLAPIS TER PADA BIOGAS SKALA RU-MAH TANGGA DI KELOMPOK TANI DEWI RATIH III DESA SUKONYAR KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG

Main Article Content

Arman Arman
Yudi Rustandi
Nurlaili Nurlaili

Abstract

Biogas merupakan sumber energi terbaru dan penting sebagai substitusi unggul dan mampu menyumbangkan pengaruh untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar rumah tangga dengan pemanfaatan limbah kotoran sapi. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku peternak dalam pengetahuan dan sikap terhadap inovasi digester drum berlapis ter pada pembuatan biogas skala rumah tangga. Menyusun rancangan penyuluhan tentang inovasi digester drum berlapis ter pada pembuatan biogas skala rumah tangga dan mendeskripsikan hasil evaluasi perilaku peternak tentang inovasi digester drum berlapis ter. Kajian ini dilakukan di Desa Sukoanyar Kecamatan Pakis Kabupaten Malang dengan menggunakan 15 responden yang ditentukan melalui sampel jenuh. Materi penyuluhan tentang inovasi digester drum berlapis ter pada pembuatan biogas skala rumah tangga. Metode penyuluhan menggunakan demonstrasi hasil, ceramah, dan diskusi kelompok. Media yang digunakan dalam penyuluhan adalah folder, video tutorial, powerpoint dan benda sesungguhnya. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner hasil post test. Hasil kajian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat pengetahuan peternak tergolong sedang dengan persentase 68,42%. 2) Tingkat sikap peternak tergolong positifdengan persentase 74,51%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adityawarman., dkk., 2015. Pengolahan Limbah Ternak Sapi Secara Sederhana Di Desa Pattalassang Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan. 03(3), 171-177

Adoe, A., 2018. Rancangan Penyuluhan Pembuatan Biogas Dari Kotoran Ternak Sapi Potong Di Kelompok Tani Karya Makmur II Desa Wonorejo Kecama-tan Lawang Kabupaten Malang. Program Studi Penyuluhan Peternakan. Karya Ilmiah Penugasan Akhir STPP Malang.

Khairurrizaq, dkk. 2019. Penyuluhan Tentang Pembuatan Fermentasi Jerami Kangkung Menggunakan trichoderma,sp Sebagai Pakan Ternak Sapi Potong di Desa Babatan Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Jurnal Penyuluhan Pembangunan. 1(1), 1-11.
Rachmawati, R, A., 2017. Makna Biogas Sebagai Sumber Energi Rumah Tangga. Jurnal Pendidikan. 2(4), 487—493

Sastradihardja, S dan Sutardi, A., 2007. Produk Olahan Kotoran Ternak. Ganeca Exact. Jakarta.

Wahyuni, S., 2009. Biogas. Penebar Swadaya. Jakarta

Wiratmana, P, A, dkk., 2012. Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Bahan Kering Terhadap Produksi dan Nilai Kalor Biogas Kotoran Sapi. Jurnal Energi dan Manufaktur. 5(1), 1-97.