PERSEPSI PETERNAK TENTANG PEMANFAATAN PAKAN FERMENTASI GEDEBOG PISANG UNTUK SAPI POTONG DI DESA TAMBAKSARI KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PASURUAN

Main Article Content

Rezki Amalyadi
Ismulhadi Ismulhadi
Wahyu Windari

Abstract

Berlimpahnya limbah pertanian seperti gedebog pisang dapat dimanfaatkan dengan cara pembuatan pakan fermentasi gedebog pisang untuk penggemukan sapi potong. Pemberian gedebog pisang ke ternak telah telah dilakukan oleh Kelompoktani Ampelsari Makmur Jaya dan Ampelsari Makmur Jaya II tanpa adanya proses fermentasi, sehingga poktan tersebut dianjurkan dapat membuat membuat pakan fermentasi gedebog pisang sesuai dengan prosedur.


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi peternak tentang pemanfaatan pakan fermentasi gedebog pisang untuk penggemukan sapi potong dan faktor internal, faktor eksternal dan karakteristik individu (umur, pendidikan dan pengalaman/lama beternak) yang mempengaruhi persepsi peternak tentang pemanfaatan pakan fermentasi gedebog pisang untuk penggemukan sapi potong. Pengukuran persepsi dilakukan pada saat sebelum dilakukannya penyuluhan. Penelitian diawali dengan mengamati dan melibatkan diri pada komunitas peternak dalam konteks yang alami (natural setting), diskusi kelompok terfokus, dan wawancara mendalam serta pengisian angket kepada 60 peternak sapi potong yang tergabung dalam kelompoktani Ampelsari Makmur Jaya dan Ampelsari Makmur Jaya II.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 35 orang menolak dan 25 orang menerima tentang inovasi pakan fermentasi gedebog pisang untuk penggemukan sapi potong dikarenakan belum mengetahui cara pembuatan dan pengaplikasian pakan fermentasi gedebog pisang untuk penggenmukan sapi potong. Sedangkan faktor yang mempengaruhi persepsi yaitu faktor eksternal. Faktor eksternal terdiri dari sesuatu yang baru, keakraban, ulangan, gerakan, kontras, ukuran, dan intensitas. Setelah dilakukan analisis, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 6,486 + 0,128 X1 + 0,272 X2 + (-0,006) X3 + (-0,337) X4 + 0,115 X5. Persamaan ini dapat digunakan untuk memperkirakan persepsi yang dipengaruhi oleh faktor internal, faktor eksternal, dan karakteristik individu (usia, pendidikan, dan pengalaman/lama beternak).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abidin. 2006. Pakan Sapi Potong. Yayasan Pengembangan Sinar Tani. Jakarta.

Ginting. 2004. Tanaman Pisang. ITB Bogor.

Kurniawati, L., Nurrochmah, S., dan Katmawanti, S. 2017. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan, Status Pekerjaan Dan Tingkat Pendapatan Dengan Usia Perkawinan Pertama Wanita Di Kelurahan Kotalama Kecamatan Kedu ngkandang Kota Malang. Jurnal Preventia, Vol 2 No 1. http://journal.um.ac.id/index.php/preventia/article/download/9984/4719 [Diakses tanggal 13 Mei 2019].

Robbins, S. P. 2003. Perilaku Organisasi. Konsep Kontroversi Aplikasi.

Rokhmansyah, Alfian. 2016. Pengantar Gender dan Feminisme. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Sobur, A. 2016. Psikologi Umum. Pustaka Setia. Bandung.

Utami, L. S. 2015. Hubungan Karakteristik Peternak Dengan Skala Usaha Ternak Kerbau Di Desa Sumbang Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. http://repository.unhas.ac.id/bitstream/ handle/123456789/17004/UTAMI %20LS%20SKRIPSI.pdf?sequence=1 [Diakses tanggal 3 Mei 2019].

Wina, E. 2001. Tanaman Pisang Sebagai Pakan Ternak Ruminansia. Jurnal Wartazoa. 11 (1): 20-27.