POLA HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMPETENSI PETANI DAN ADOPSI TEKNOLOGI PADA DIKLAT TEMATIK DI KABUPATEN MADIUN
Main Article Content
Abstract
Pelatihan tematik adalah pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah dan teknologi yang spesifik yang pelaksanaannya dilakukan secara berjenjang. Karena tergolong model baru dalam pelatihan pertanian sehingga perlu diteliti lebih jauh tentang faktor-faktor yang berpengaruh dalam peningkatan kompetensi petani dan adopsi teknologinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1. Mendiskripsikan kompetensi petani dan adopsi teknologi; 2. Menganalisis pengaruh faktor karakteristik petani, kompetensi penyuluh dan sifat inovasi (materi tematik) terhadap kompetensi petani; 3. Menganalisis pengaruh faktor karakteristik petani, kompetensi penyuluh dan sifat teknologi terhadap adopsi teknologi; 4. Menganalisis pengaruh faktor kompetensi petani terhadap adopsi teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory mengenai hubungan kausal (sebab akibat) dari variable-variabel yang diamati dan diteliti dengan menggunakan Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Penelitian merupakan studi kasus di Kabupaten Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik petani, kompetensi fasilitator berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kompetensi petani, sedangkan sifat teknologi berpengaruh tidak signifikan terhadap kompetensi petani. Karakteristik petani, kompetensi fasilitator dan kompetensi petani berpengaruh signifikan secara langsung terhadap adopsi teknologi, sedangkan sifat teknologi berpengaruh tidak signifikan terhadap adopsi teknologi. Secara tidak langsung karakteristik petani berpengaruh signifikan terhadap adopsi inovasi, sedangkan secara tidak langsung kompetensi fasilitator dan sifat teknologi berpengaruh tidak signifikan.