Nilai Hasil Belajar, Efektivitas, dan Efisiensi Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Terampil

Main Article Content

Munanto Haris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dengan fokus: (1) korelasi karakteristik individu peserta terhadap rerata nilai hasil belajar; (2) efektivitas hasil belajar dengan kategori sangat efektif, efektif, dan kurang efektif. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode survey. Sumber informasi adalah penyuluh pertanian peserta pelatihan dasar fungsional penyuluh pertanian terampil bagi CPNS dari THL tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  faktor usia, jenis kelamin dan wilayah asal peserta pelatihan memiliki hubungan dengan rerata kenaikan hasil belajar; tidak terdapatnya hubungan antara tingkat pendidikan dengan rerata kenaikan nilai hasil belajar; penyelenggaraan Pelatihan yang dilaksanakan di Jawa Timur memperoleh rerata nilai tingkat efektivitas sebesar 97,13 % sedangkan rerata nilai tingkat efisiensi tertinggi sebesar 88,01 %.


 


Kata kunci : Efektivitas, Hasil belajar, pelatihan fungsional

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anonymous, 2012. Petunjuk Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi. Jakarta: Kementerian Pertanian.
Jananti, N, 2014. Pengaruh Kepercayaan Diri, Budaya Lokal Dan Pendidikan Agama Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Demak Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, Vol. 3 No. 2.

Latifah,N. 2012. Peran Guru dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif dan Bermakna. http://www.academia.edu. diakses pada 12 Februari 2019.
Martinis, 2011. Lingkungan Belajar Berkualitas. Diakses melalui https://martinis1960.wordpress.com. Diakses pada 12 Februari 2019.

Normadewi,B, 2012. Analisis Pengaruh Jenis Kelamin Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Dengan Love Of Money Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Puspiyati, E, 2013. Efisiensi, Pendekatan dan Metode Belajar. Makalah. http://elispuspiyati.blogspot.com. Diakses pada 12 Februari 2019

Ratna Indriyani, 2014. Pengaruh Asal Sekolah Dan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi D III Kebidanan Universitas Wiraraja Sumenep. Tesis Program Studi Magister Kedokteran Keluarga. Program Pascasarjana. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.