Optimaliasi Promosi Edukasi Biofarmaka Aloe Land pada Instagram Menggunakan Metode Pendekatan AIDA

Main Article Content

Faqy Winahyu Pradifa
Dominikus Tino
Filaeily Ardhita Oktiana
Endah Puspitojati
Nur Rohmah Lutfi Ayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan promosi dan edukasi produk biofarmaka Aloe Land melalui platform Instagram dengan pendekatan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Model AIDA dipilih karena kemampuannya dalam mengidentifikasi elemen-elemen penting untuk menarik perhatian, membangun minat, menciptakan keinginan, dan mendorong tindakan pada audiens target. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengelola akun Aloe Land dan survei terhadap pengguna Instagram, sementara data sekunder berasal dari literatur terkait dan analisis media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi berbasis AIDA dapat meningkatkan efektivitas pemasaran di Instagram, khususnya pada elemen visual konten yang menarik perhatian serta penyajian informasi yang relevan untuk meningkatkan minat audiens. Selain itu, pemanfaatan fitur interaktif seperti polling dan giveaway mampu meningkatkan engagement dan keinginan pengguna untuk membeli produk. Tindakan seperti penawaran promosi terbatas dan tautan langsung ke pembelian produk juga terbukti efektif dalam mengarahkan audiens ke tindakan. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi pengelola akun Instagram untuk memaksimalkan jangkauan dan dampak promosi produk biofarmaka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pradifa, F., Tino, D., Oktiana, F., Puspitojati, E., & Ayu, N. (2024). Optimaliasi Promosi Edukasi Biofarmaka Aloe Land pada Instagram Menggunakan Metode Pendekatan AIDA. AGRIEKSTENSIA : Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 23(2), 388-397. https://doi.org/10.34145/agriekstensia.v23i2.3427
Section
Articles