Analisis Nilai Tambah Produk Stik Labu Madu Terhadap Kinerja IKM Al-Hidayah
Main Article Content
Abstract
Buah labu madu banyak dibudidayakan oleh petani namun produk olahannya masih sangat minim dihasilkan. Inovasi pengolahan buah labu madu oleh IKM Al-Hidayah yaitu produk stik labu madu dengan kandungan gizi yang bermanfaat. Akan tetapi, IKM Al-Hidayah belum pernah melakukan kajian nilai tambah terhadap kinerja IKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai tambah produk stik labu madu dan dampak dari nilai tambah terhadap kinerja IKM Al-Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, lokasi penelitian di Desa Bulontala Timur, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango. Pemilihan lokasi penelitian dipertimbangkan sebab lokasi dari usaha produk stik labu madu. Penelitian ini melibatkan pemilik IKM Al-Hidayah dan salah satu ibu produksi di IKM. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode hayami dan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tambah produk stik labu madu varian rasa original sebesar Rp. 303.424 per produksi dengan rasio sebesar 45,97%, untuk varian rasa balado sebesar Rp. 225.584 per produksi dengan rasio sebesar 34,18%. Sedangkan dampak nilai tambah terhadap kinerja IKM yaitu positif dari segi pendapatan tenaga kerja di IKM serta dalam meningkatkan daya saing terhadap produk stik labu madu. Hasil penelitian disimpulkan bahwa rasio nilai tambah produk stik labu madu termasuk pada rasio tinggi dengan menghasilkan nilai rasio sebesar 45,97%, untuk varian rasa original dan varian rasa balado termasuk kriteria sedang yaitu sebesar 34,18%. Dampak nilai tambah terhadap pendapatan tenaga kerja, kualitas, dan daya saing produk memiliki dampak positif.