Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ternak Itik Pedaging di Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung adalah salah satu daerah yang memiliki populasi itik pedaging cukup banyak. Itik pedaging adalah salah satu jenis unggas yang potensial untuk dikembangkan sebagai penyumbang kebutuhan protein hewani masyarakat. Namun terdapat beberapa hambatan yang menghalangi pengembangan usaha ternak itik di Kecamatan Kalidawir. Maka dari itu, strategi pengembangan sangat diperlukan untuk menunjang kemajuan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal serta untuk mengetahui strategi yang tepat untuk dapat digunakan. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan pada usaha ternak itik pedaging di Kecamatan Kalidawir memiliki kekuatan berupa lokasi usaha strategis, pengalaman kerja yang baik, tersedianya modal, tersedianya tenaga kerja dan kemudahan mendapatkan pakan tambahan. Kelemahan berupa sanitasi kandang kurang optimal, minat belajar peetrnak masih kurang, kurangnya pengetahuan terhadap pembuatan ransum dan belum terdapat catatan keuangan. Peluang berupa permintaan daging itik cukup tinggi, luasnya pemasaran, ketersediaan bibit, kemajuan teknologi media social, terdapat lembaga untuk pengembangan modal. Ancaman berupa perubahan iklim dan cuaca, fluktuasi harga jual daging itik, risiko itik terhadap penyakit, adanya pesaing usaha, kenaikan harga pakan. Strategi yang dapat digunakan berdasarkan matriks SWOT adalah strategi SO yang meliputi mempertahankan kualitas produksi dengan baik dan meningkatkan jaringan pemasaran, mengoptimalkan kualitas produksi bibit dan memanfaatkan alternatif pakan yang ada, menjalin hubungan baik antar pelaku usaha.