Analisis Model Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Desa Jinoyo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Main Article Content

Ahmad Arif Yamani

Abstract

P4S suatu lembaga penyuluhan pertanian yang akan didirikan, dimiliki dan dikelola oleh petani mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model komunikasi yang akan dilakukan P4S sebagai lembaga penyuluhan dalam melaksanakan program penyuluhan Petani Milenial di Desa Jinoyo Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Metode yang akan digunakan adalah metode kualitatif lapangan. Hasil kajian menunjukkan bahwa ada dua fase dalam penyuluhan petani milenial. Dari pre-extension ke extension model komunikasi yang digunakan adalah linier sehingga pada saat pre-extension model yang digunakan adalah unidirectional SMCR dan two-way SMCR. Pada pasca penyuluhan, model komunikasi yang digunakan ialah dengan model komunikasi jaringan dan cara model komunikasi forum media.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yamani, A. (2022). Analisis Model Komunikasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Desa Jinoyo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. AGRIEKSTENSIA : Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 21(2), 166-176. https://doi.org/10.34145/agriekstensia.v21i2.2306
Section
Articles

References

Effendy, O.U. 2008. Dinamika komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Laili. 2014. pemberdayaan petani. Universitas Brawijaya.
Handoko, T.H. 2016. Manajemen personalia dan sumberdaya manusia. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi.
Hariani. 2017. Pola Komunikasi Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Terhadap Petani Cengkeh Di Desa Wa Ode Buri Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi & Informasi, 2(2).
Menteri Pertanian Republik Indonesia. 2019. Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Pedoman Gerakan Pembangunan Sumberdaya Manusia Pertanian Menuju Lumbung Pangan Dunia.
Miles, M.B., dan Huberman, A.M. 2014. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia (UI -Press).
Sadono, D. 2009. Perkembangan Pola Komunikasi Dalam Penyuluhan Pertanian Indonesia. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 7(2), 43–56.
Soekartawi. 1988. Prinsip Dasar Komunikasi Pertanian. Universitas Indonesia (UI -Press).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruksi. Alfabeta.
Theresia, A. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat: Acuan Bagi Praktisi, Akademis, dan Pemerhati Pengembangan Masyarakat. Alfabeta.
Utami, D.P. 2020. Pengenalan Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk Pertanian. Prosiding Seminar Nasional Karya Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram “Peningkatan Daya Saing Hasil Pertanian Menuju Revolusi Industri 4.0,” 25–32.