Model Pencatatan Reproduksi Sapi Perah Menggunakan Rekording Sapi Elektronik (REKS-EL) Berbasis Android Untuk Mengoptimalkan Reproduksi Sapi Perah Di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang

Main Article Content

Glorina Desviani
Andi Warnaen
Kartika Budi Utami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pencatatan reproduksi sapi perah dengan mengoptimalkan penggunaan android bagi peternak. Pembuatan model pencatatan data reproduksi sapi perah didasarkan pada analisis kebutuhan peternak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survey dengan mengambil data primer menggunakan kuesioner dan observasi, serta data sekunder berdasarkan rekaman data pendukung. Kebutuhan data yang diperoleh kemudian diimplementasikan ke dalam pemrograman perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman MySQL, PHP, web dan Android Studio versi 3.1 untuk windows. Perancangan perangkat lunak menggunakan Metode Waterfall versi Sommerville (2011) dengan tahapan; analisis kebutuhan data, desain, implementasi, verifikasi dan pengujian serta instalasi dan pemeliharaan. Rancangan sistem tersebut dinamakan Rekording Sapi Elektronik (REKS-EL) versi 1.2 dengan RAM android minimal 1 atau 2 GB, khusus Jellybean versi 4.1, sedangkan kapasitas ruang penyimpanan di atas 5 MB. Alat yang dirancang adalah Profil Peternak, Identitas Ternak, Performa, Reproduksi dan Perkawinan serta Kesehatan sapi perah agar lebih aplikatif penggunaannya. Dalam implementasinya di lapangan, perangkat lunak tersebut telah diujicobakan pada pengguna dan akan dilanjutkan dengan pengembangan (development) agar tetap update sesuai dengan kebutuhan peternak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Desviani, G., Warnaen, A., & Utami, K. (2022). Model Pencatatan Reproduksi Sapi Perah Menggunakan Rekording Sapi Elektronik (REKS-EL) Berbasis Android Untuk Mengoptimalkan Reproduksi Sapi Perah Di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. AGRIEKSTENSIA : Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 21(2), 100-109. https://doi.org/10.34145/agriekstensia.v21i2.2305
Section
Articles

References

Alwiyah, Nurlatifah, A.A., Hasyim, A.R., Fatma, S., dan Putra, W.2013. Sim-C (Sistem Informasi Dan Manajemen Cattle) Dalam Rangka Seleksi Untuk Meningkatkan Kualitas Ternak Di Indonesia. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. 2018. Kecamatan Pujon dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang.
Dedi, R., Mualid, D., Dudi, Winaryanto, S., Rangga dan Alim, S. 2017. Aplikasi SMS Gateway Dalam Penguatan Sistem Recording IB Sapi Potong Di Jawa Barat. Jurnal Ilmu Peternakan. Bandung.
Hakim, L., Ciptadi, G., dan Nurgiartiningsih, V., M., A. 2010. Model Rekording Data Performans Sapi Potong Lokal Di Indonesia. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang: J. Ternak Tropika Vol. 11, No.2:61-73, 2010.
Hanum, S. 2017. Pemanfaatan Aplikasi Penggambar Diagram Alir (Flowchart) Sebagai Bahanajar Untuk Mata Kuliah Sistem Akuntansi Di Fakultas Ekonomi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Medan. KITABAH: Volume 1. No. 1 Januari – Juni 2017.
Kementrian Pertanian. 2014. Pedoman Pembibitan Sapi Potong Yang Baik. Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan. Jakarta.
__________________. 2015. Petunjuk Teknis Tata Cara Penetapan Dan Pengelolaan Wilayah Sumber Bibit. Jakarta: Direktorat Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan. Jakarta.
Kusyadi, I. 2017. Penerapan Metode Waterfall Untuk Rancangan Sistem Informasi BCF 1,5. Fakultas Teknik Universitas Pamulung. Pamulung.
Pari, A.U.H., 2018. Pemanfaatan Rekording Untuk Meningkatkan Manajemen Ternak Kerbu Di Kecamatan Matawai La Pawu Kabupaten Sumba Timur. Universitas Kristen Wira Wacana Sumba: pISSN-1978-3000, eISSN-2528-7109.
Purwantiningsih, T. I. dan Kia, K. W. 2018. Identifikasi Dan Recording Sapi Perah Di Peternakan Biara Novisiat Claretian Benlutu, Timor Tengah Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Peternakan. Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Timor
Rahman, A. 2011. Perancangan Dan Implementasi Mobile Application Pembelajaran Haji Dan Umroh Berbasis Multimedia. Program Studi Teknik Informatika. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.