Analisis Strategi Pengembangan Agrowisata Kopi di Desa Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang

Main Article Content

Ahmad Dedy Syathori

Abstract

Agrowisata adalah cara lain untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan di pedesaan yang mana berhubungan dengan pertanian. Agrowisata Kopi Taji memiliki banyak sekali potensi bukan hanya usaha/bisnis semata tetapi juga dapat dijadikan sebagai solusi bagi banyak pihak seperti berfungsi sebagai media promosi untuk produk-produk pertanian, sarana pendidikan masyarakat, meningkatkan ekonomi baik desa, daerah hingga skala nasional serta peluang pengembangan diversifikasi produk agribisnis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi dalam pengembangan Agrowisata Kopi Desa Taji, dan 2) menganalisis strategi pengembangan Agrowisata Kopi di Desa Taji. Metode yang digunakan adalah studi kasus (case study) yaitu penelitian dilakukan dengan melihat langsung kelapangan. Analisis data dilakukan dengan dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan Agrowisata Kopi di Desa Taji adalah strategi Agresif. Alternatif strategi yang dapat dilakukan adalah dengan mengoptimalkan ketersedian bahan baku dengan kualitas kopi unggul, menambah spot foto menarik dengan ciri khas panorama alam, dan meningkatkan kualitas pelayanan dan wisata edukasi kopi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syathori, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Agrowisata Kopi di Desa Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. AGRIEKSTENSIA : Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 21(2), 145-155. https://doi.org/10.34145/agriekstensia.v21i2.2168
Section
Articles

References

Aridiansari, R., Euis, E., dan Karuniawan, P. 2015. Pengembangan Agrowisata di Desa Wisata Tulungrejo Kota Batu, Jawa Timur. Jurnal Produksi Tanaman 3(5):383–90.
Kurniasanti, S.A. 2019. Analisis Strategi Pengembangan Agrowisata (Studi Kasus Kampung Petani Buah Jeruk Siam Di Kecamatan Bangorejo - Banyuwangi). 3(1):65–76.
Mayasari, K., & Ramdhan, T. (2013). Strategi Pengembangan Agrowisata Perkotaan. Buletin Pertanian Perkotaan.
Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rangkuti, F., 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Grammedia Pustaka Utama Kompas Gramedia Building.
Supriatna, S., 2014. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kopi Luwak (Studi Kasus: UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwidey Bandung).
Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor Kampus Darmaga Bogor.