Kajian Performa Produksi Ayam Pedaging Pada Sistem Kandang Close House Dan Open House

Main Article Content

Nonok Supartini

Abstract

Dalam pemeliharaan ayam pedaging, faktor lingkungan mempengaruhi kondisi kandang, yang merupakan tempat ayam beristirahat atau beraktivitas. Kondisi kandang yang baik sangat berperan penting terhadap pencapaian produksi performa ternak, sehingga perlu adanya kajian secara ilmiah terhadap model kandang yang di gunakan dalam pemeliharaan ayam pedaging.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah control secara langsung di lapangan (observasi). Variabel yang di amati ialah perbedaan produktivitas dari tipe open house dan closed house meliputi indeks performa (IP), mortalitas/kematian, konsumsi pakan, Feed Convertion Ratio (FCR), pertambahan bobot badan (PBB).


Hasil penelitian menunjukan bahwa berat akhir yang paling signifikan yaitu kandang close house dari pada kandang open house Hasil dari perbedaan berat badan ayam pedaging tidak berbeda nyata, mortalitas atau kematian yang paling banyak adalah kandang open house sebesar 3,4% dan kandang closed house sebesar 3,9% lalu konversi pakan atau FCR untuk kandang open house 1,83 lebih tinggi di bandingkan FCR kandang closed house 1,71. dan untuk IP dari kandang open house sebesar 275,15% dan IP dari kandang closed house sebesar 266,81%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles