KELAYAKAN BUDIDAYA SELADA KROP DENGAN SISTEM SMART WATERING DI GREENHOUSE FTIP UNPAD

Main Article Content

Muhamad Arip

Abstract

Selada great alisan merupakan selada yang digemari masyarakat karena memiliki tekstur renyah, rasa agak manis, dan memiliki ukuran besar. Selada jenis ini dapat dikonsumsi segar maupun diolah. Saat ini, selada great alisan hasil budidaya Greenhouse FTIP sudah memiliki pasar yang siap menampung hasil produksinya, namun belum memiliki harga jual yang layak sesuai dengan studi kelayakan agribisnis. Penelitian ini bermaksud untuk menentukan studi kelayakan aspek ekonomi produksi selada varian great alisan dengan sistem hidroponik smart watering tipe SW 02. Studi kelayakan usaha dilakukan dengan menggunakan parameter NPV (Net Present Value), BCR (Benefit Cost Ratio), IRR (Internal Rate of Return), dan PBP (Payback Period). Hidroponik adalah teknik menanam dengan media tanam selain tanah. Smart Watering merupakan metode irigasi yang menggunakan prisip archimedes dan hukum gravitasi dalam mengalirkan air ke area perakaran tanaman. Penelitian ini dilakukan di Greenhouse FTIP, Universitas Padjadjaran pada September hingga November 2021. Penelitian ini menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Hasil studi kelayakan usaha ini menujukan usaha produksi selada varian great alisan dengan menggunakan sistem hidroponik smart watering tipe SW02 layak dilanjutkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arip, M. (2022). KELAYAKAN BUDIDAYA SELADA KROP DENGAN SISTEM SMART WATERING DI GREENHOUSE FTIP UNPAD. AGRIEKSTENSIA : Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 21(1), 34-41. https://doi.org/10.34145/agriekstensia.v21i1.1833
Section
Articles

References

Fadhlillah, Hadyan. R., Dwiratna. S., dan Amaru., 2019, Performance of Floating Raft Fertigation System on Water Spinach Plants (Ipomea Reptans Poir.) Cultivation, Jurnal Pertanian Tropik Vol.6(2), hal 165–79.
Irawan, A., Hikmaturokhman, A., dan Pranindito, D., 2018, Analisis Tekno Ekonomi Perancangan 4G LTE di Kabupaten Banyumas, Jurnal ECOTIPE, Vol. 5(1), hal 15–32.
Masitah, Syahrir, Amin M., dan Mandeva P., 2021, Analisis Kelayakan Usahatani Selada Hidroponik Di Masa Pandemi Covid-19 Kabupaten Kolaka, Jurnal AGRISEP: Vol. 20(2), hal 343–354.
Noeraga, Agam M A., Yudana, dan Rahayu, 2020, Pengaruh Pertumbuhan Penduduk Dan Penggunaan Lahan Terhadap Kualitas Air, Jurnal Desa-Kota Vol 2(1), hal 70-85.
Priyandari, Y., & Diyah Dwi Nugraheni, 2017, Analisis Tekno-Ekonomi Implementasi Teknologi RFID pada Sistem Traceability, Seminar Internasional dan Konferensi Nasional IDEC hal 3–4.
Purnatiyo D., 2011, Analisis Kelayakan Investasi Alat DNA Real Time Thermal Cycler (RT-PCR) untuk Pengujian Gelatin, Jurnal PASTI, Vol. 8(2), hal 212-226.
Ramadhanty, A. R., Wiyono S., Kusno K., dan Trimo L., 2020, Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Selada Krop di CV. Cantigi Desa Cikandang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut, Forum Agribisnis, Vol. 10(1), hal27–35.
Tando E., 2019, Review: Pemanfaatan Teknologi Greenhouse Dan Hidroponik Sebagai Solusi Menghadapi Perubahan Iklim Dalam Budidaya Tanaman Hortikultura. Jurnal Buana Sains Vol. 19(1), hal 91-102
Utama, Ridho et al., 2013, Analisis Usahatani Selada Romaine Hidroponik Rakit Apung Pada Kelompok Tani BR Lembang Jawa Barat, hal 2–8, Repositori Polinela Lampung