Pengendalian Hama Tikus Menggunakan Metode Fumigasi (Pengasapan)

Main Article Content

Fajar Satriya Hadi

Abstract

ABSTRAK


Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar masyarakatnya adalah petani dan nelayan. Luas  daratan mayoritas dimanfaatkan untuk bercocok tanam dan hasilnya digunakan oleh petani untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Dalam bertani, berbagai kendala sering pula dialami oleh petani, salah satu yang meresahkan adalah serangan dari hama tikus. Tikus atau bahasa latinnya Rattus Orgentivener merupakan hama yang menyebabkan kerusakan pada tanaman. Serangan dari tikus akan menyebabkan hasil panen tidak maksimal, akibatnya petani banyak yang merugi ketika panen. Berbagai usaha untuk menanggulanginya sudah banyak dilakukan petani baik secara hayati, fisik, kultur teknis, sanitasi, kimia, maupun mekanik. Salah satu yang dapat dilakukan untuk menekan populasi hama ini adalah dengan cara fumigasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pengendalian tikus dengan menggunakan smoker. Tahapan pertama penelitian adalah membuat rancang bangun alat yang digunakan untuk fumigasi yang kemudian dilanjutkan dengan menguji alat tesebut di lapangan. Ada tiga  varian waktu dan tiga kali percobaan tiap waktunya dalam pengujian yang dilakukan. Berdasarkan hasil uji tersebut didapatkan bahwa mesin bekerja dan berfungsi dengan baik serta didapatkan bahwa tikus mati dalam waktu empat menit setelah dilakukan proses fumigasi.


Kata kunci Pertanian, Pengendalian, Tikus, Fumigasi


ABSTRACT


Indonesia is an agricultural country where most of the people are farmers and fishermen. Most of the land is used for farming, and farmers use the results to meet their daily needs. In farming, many obstacles are often experienced by farmers, one of which is a disturbing attack from rats. Rats, or in Latin called Rattus Orgentivener, are pests that cause damage to crops. Attacks from rats will cause crop yields to be not optimal. As a result, many farmers lose when harvesting. Farmers have made various efforts to overcome this, ranging from biological, physical, technical culture, sanitation, chemical, and mechanical methods. Fumigation is another way to reduce this pest population. This study aims to determine the effectiveness of rat control using a smoker. The first stage of the research was to design the tools used for fumigation, followed by testing the tools in the field. There are three variants of time and three trials each time in the tests carried out. The test results found that the machine was working and functioning correctly, and the mice died within 4 minutes after the fumigation process.


Keywords— Agriculture, Control, Rat, Fumigation

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hadi, F. (2021). Pengendalian Hama Tikus Menggunakan Metode Fumigasi (Pengasapan). AGRIEKSTENSIA : Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 20(1), 1-6. https://doi.org/10.34145/agriekstensia.v20i1.1494
Section
Articles