Optimalisasi Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum, L) Pada Musim Penghujan Di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu

Main Article Content

Yustina E.W Lea
Abdul Farid
Arum Pratiwi

Abstract

Rendahnya produksi bawang merah pada musim penghujan yang diakibatkan oleh meningkatnya serangan hama dan penyakit karena kondisi tanah yang terlalu lembab menjadi permasalahan utama yang dihadapi petani saat ini. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui jarak tanam yang optimal terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah (Allium ascalonicum, L) padamusimpenghujandi Desa Torongrejo. Pelaksanaan kajian menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan, dilanjutkan dengan uji lanjut DMRT pada taraf 5%. Perlakuan yang diberikan adalah jarak tanam 15x15, 20x20, 25x25 dan 30x30cm dengan parameter tinggi tanaman, jumlah daun, bobot umbi dan persentase serangan hama penyakit. Hasil kajian menunjukkan bahwa jarak tanam berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah pada musim penghujan dengan jarak paling optimal 20x20 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asmaliyah dan Tati Rostiwati. 2012. Pengaruh Pengaturan Jarak Tanam terhadap Perkembangan Serangan Hama dan Penyakit Pulai Darat. Palembang: Jurnal Penelitian Hutan Tanaman.

BALITSA, 2013. Teknologi Bawang Merah Off-Season: Strategi dan Implementasi Budidaya. Bandung: Balai Penelitian Tanaman Sayuran.

Hill, S.B. 2003. Cultural Methods of Pest, Primarily Insect, Control. MeGill University.

Nursanti, R. 2009. Pengaruh Umur Bibit dan Jarak Tanam terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Tanaman Buru Hotong. Bogor: IPB.

Pambayun, R. 2008. Pengaruh Jarak Tanam terhadap Produksi Beberapa Sayuran Indigenus. Bogor: IPB.

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. 2015. Outlook Bawang Merah. Jakarta: Kementrian Pertanian.

Rahmawati. 2017. Pengaruh Beberapa Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Tanah Varietas Kelinci (Arachis hypogeae L.). Sumatra Barat: Jurnal Pertanian Faperta UMSB.

Yulisma. 2011. Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Varietas Jagung pada Berbagai Jarak Tanam. Jakarta: Penelitian Pertanian Tanaman Pangan.